Yogyakarta, 31 Mei 2024 – Kaprodi BSA sudah memulai merealisasikan mimpi-mimpinya untuk menuju terwujudnya kelas Internasional di lingkungan Prodi BSA. Salah satunya adalah adanya beberapa mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastra Arab UIN SATU Tulungagung yang menunjukkan partisipasi aktif mereka dalam symposium bahasa Arab internasional yang diadakan oleh UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Acara tersebut berlangsung pada tanggal 28 hingga 30 Mei 2024 di Aula Lantai 1 UIN Sunan Kalijaga, bertepatan dengan The 5th A-ICONICS: Adab International Conference on Information and Cultural Sciences.
Dalam event ini, BSA -UIN SATU Tulungagung mengirimkan tiga mahasiswa semester 6, yaitu Adinda Aprilia Kharisma Putri, Ayu Azifatul Azizah, Ahmad Viratama Zamzamy dari Program Studi Bahasa dan Sastra Arab, serta Icha Gilang Permata dari Program Studi Pendidikan Bahasa Arab. Mereka mempersembahkan dan mempesentasikan dua artikel bebahasa Arab dengan topik “Istikhdam Tathbiq x Kawasilatin Fi Ta’lim Maharah al-Kitabah” atau “Penggunaan Sosial Media X sebagai Media Pembelajaran Maharah Kitabah” dan “Tanfizd Qofazaati al-Dhifda’ (Froggy Jumps) Kajuhdin Min Juhudi Mu’allim al-‘Arabiyyah Lidamji al-‘Al’ab a-Raqmiyyah fi Ta’lim al-Balaghah” atau Implementasi Froggy Jumps dalam Membuat Game Digital untuk Pembelajaran Balaghah. Tema utama symposium kali ini adalah “The Practice of Coexistence in Islamic Culture”. Keikutsertaan mereka menjadi kebanggaan bagi UIN SATU Tulungagung. Symposium ini diadakan dalam rangka konferensi internasional A-ICONICS yang kelima, yang menghadirkan dua pembicara utama yaitu Prof. Dr. Wail As-Sayyid dari Universitas ‘Ainu Syam Kairo, Mesir dan Prof. Dr. Novi Anoegrajekti, M.Hum dari Universitas Negeri Jakarta, serta beberapa presenter elit dari berbagai negara seperti Arab Saudi, Banglades, Turki dan Maroko. Acara ini merupakan kesempatan berharga bagi mahasiswa untuk berinteraksi dengan akademisi internasional serta memperluas wawasan mereka dalam bidang studi bahasa dan sastra Arab yang mereka tekuni.
Partisipasi mahasiswa UIN SATU Tulungagung dalam kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan semangat dan motivasi mereka dalam mengembangkan kemampuan akademik dan menambah pengalaman dalam ajang seminar dan symposium lmiah di tingkat nasional dan internasional. “Partisaipasi ini cukup membanggakan bagi Fakultas dan Prodi serta UIN secara umum. Kegiatan ini sesuai mimpi kita untuk mewujudkan BSA sebagai wadah pengkaderan para ahli bahasa. Jika ingin menguasai bahasa Arab, ya harus kuliah di BSA”, ungkap Dekan FUAD, Prof. Dr. H. Ahmad Rizqon Khamami, Lc., MA.
Tentu saja, kehadiran mereka di acara tersebut juga turut memberikan kontribusi positif dalam memperkenalkan dan mempromosikan kualitas pendidikan yang ada di UIN SATU Tulungagung kepada komunitas akademik yang lebih luas. Dengan demikian, acara ini menjadi salah satu momen berharga yang memperlihatkan dedikasi dan antusiasisme mahasiswa UIN SATU Tulungagung dalam dunia akademik, khususnya dalam bidang Bahasa dan Sastra Arab.