Program Studi (Prodi) Bahasa dan Sastra Arab (BSA) Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) UIN Sayyid Ali Rahmtullah Tulungagung menggelar coaching clinic penulisan karya tulis ilmiah bagi dosen dan mahasiswa.
Bertempat di Gedung Rektorat lantai tiga, acara tersebut digelar selama dua hari mulai tanggal 09-10 September 2024. Acara ini dihadiri kurang lebih 70 peserta yang terdiri dari dosen dan mahasiswa.

Acara tersebut dibuka oleh Dekan Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD), yang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Dekan Bidang Keuangan, H. Uswah Wardiana. S.Psi, M.Si. Beliau dalam sambutannya menegaskan bahwa acara ini perlu diapresiasi karena merupakan kesempatan berharga untuk memperdalam pengetahuan dan keterampilan penulisan karya tulis ilmiah serta meningkatkan publikasi ilmiah bagi dosen dan mahasiswa Bahasa dan Sastra Arab.
Acara tersebut juga dihadiri oleh Ketua Jurusan (Kajur) Adab, Dr. Rizqa Ahmadi, Lc., M.Α., Koorprodi BSA, Dr. Nuryani, M.Pd.I., beserta jajaran dosen dan mahasiswa di lingkup prodi dan fakultas.

Acara kali ini menghadirkan tiga narasumber yang kompeten: Dr. Hisyam Zaini, M.A., Misbahus Surur, M.Pd. dan Dr. Nurul Musyafa’ah, M.Pd.I. Dr. Hisyam Zaini, M.A., selaku narasumber pertama menyampaikan terkait hambatan dan cara menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas. Menurutnya, hambatan yang kerap kali datang adalah kurangnya rasa percaya diri untuk menulis karena merasa tulisannva kurang bagus atau kurang ideal.
“Padahal kualitas suatu karya ilmiah bukan sesuatu yang sekali jadi. Itu merupakan proses panjang. Maka yang paling utama adalah mulailah untuk menulis, menulis dan menulis agar kita abadi,” tegas beliau dengan berapi-api.

Materi kedua dilanjut oleh Misbahus Surur, M.Pd. Beliau mengupas tentang teknik dan metode meresensi buku. Menurutnya, banyak peluang untuk menjadikan hasil resensi buku menjadi produk pemasaran karya sastra. Beliau juga menceritakan terkait pengalamannya ketika menjadi mahasiswa sampai tulisannya berhasil terbit di media massa.
Di sesi terakhir, Dr. Nurul Musyafa’ah, M.Pd.I, menyampaikan materi tentang penulisan skripsi dan cara mengubah skripsi menjadi artikel ilmiah jurnal. Materi ini menjadi pamungkas sekaligus yang telah ditunggu-tunggu oleh mahasiswa, khususnya mahasiswa akhir yang akan menghadapi seminar proposal dan skripsi.

Dengan gaya penyampaian yang lugas, Dr. Nurul Musyafa’ah memaparkan tentang masalah mendasar dalam penulisan skripsi yaitu terkait penentuan judul. Menurutnya, mahasiswa seringkali mengalami dilema untuk menentukan judul skripsinya tanpa memperhatikan topik yang akan dibahas.
“Adanya coaching clinic ini semoga meningkatkan kemampuan dosen dan mahasiswa dalam penulisan artikel ilmiah secara signifikan dan mampu menghadirkan lebih banyak karya ilmiah yang berkualitas sehingga dapat berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan lembaga,” pungkasnya. []