Tulungagung, 13 Agustus 2024_Program studi Bahasa dan Sastra Arab melaksanakan Audit Mutu Internal dengan auditor yang ditunjuk oleh LPM UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yaitu Ahmad Natsir, S.Th.I, M.Pd.I dan Dr. Ida Isnawati, M.Pd. Acara ini berlangsung dengan khidmat yang dihadiri oleh Ketua jurusan Adab (Dr. Rizqa Ahmadi, Lc. M.A.), Koordinator program studi Bahasa dan Sastra Arab (Dr. Nuryani Mansur, S.Ag, M.Pd.), dosen dan beberapa mahasiswa Bahasa dan Sastra Arab. Acara ini dimulai pukul 10.00 s.d. selesai yang bertempat di Gedung Arief Mustaqiem lt.2.

Kegiatan AMI ini merupakan monitoring dan evaluasi dari Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dengan aplikasi terbaru melalui website https://ppepp.uinsatu.ac.id/login. Sebelum auditor turun ke lapangan, program studi Bahasa dan Sastra Arab (auditee) telah melakukan input data ke dalam sistem. Data tersebut kemudian diverifikasi oleh Gugus Penjaminan Mutu Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (GPMF). Setelah diverifikasi, para auditor melakukan desk evaluation atau penilaian, baru kemudian dilakukan asesmen lapangan untuk verifikasi data dan pendalaman.

Berdasarkan laporan hasil audit, program studi Bahasa dan Sastra Arab diharuskan untuk menyusun rencana tindak lanjut (RTL) untuk melakukan perbaikan guna meningkatkan kualitas pendidikan. RTL ini mencakup langkah-langkah konkret yang diambil, target, waktu pelaksanaan, serta penanggung jawab untuk setiap tindakan. Pelaksanaan RTL akan dimonitoring oleh LPM untuk memastikan perbaikan secara berkelanjutan. Kegiatan ini menjadi tolak ukur terkait implementasi standar mutu di setiap program studi, khususnya pada program studi Bahasa dan Sastra Arab. Diharapkan setelah dilaksanannya AMI ini, program studi Bahasa dan Sastra Arab lebih meningkatkan kembali kualitas pembelajaran, SDM maupun fasilitas yang memadai. Menjadikan tantangan sebagai peluang untuk melangkah maju dan mampu bersaing di dunia pendidikan.

Berikut dokumen hasilnya: