30 Juli 2024

Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung menyelenggarakan Workshop bertajuk “Chat GPT for Writing” pada Senin sampai dengan Rabu, 29-30 Juli 2024 di Hotel Azana Tulungagung. Acara yang berlangsung selama tiga hari ini dihadiri oleh Dekan, Wakil Dekan, dan seluruh Koordinator Program Studi. Hadir sebagai pemateri Dr. Nur Hidayat, M.Pd.

Dilaksanakannya acara Workshop ini dalam rangka meningkatkan penguasaan teknologi pada tenaga pengajar UIN Tulungagung dalam mengimplementasikan teknologi pembelajaran berbasis AI, yang salah satu praktiknya ialah pemanfaatan Chat GPT untuk menulis. Chat GPT dikenal sebagai perangkat belajar yang kreatif, inovatif, dan efektif. Diantara profit yang ditawarkan oleh Chat GPT sendiri adalah realibilitas, akurasi, cek plagiasi, dan lainnya.

Koordinator Program Studi Bahasa dan Sastra Arab, Dr. Nuryani, S.Ag.,M.Pd.I menekankan bahwa “Chat GPT sangat bagus, baik untuk mahasiswa maupun dosen. Melalui workshop ini, kami para dosen dapat meng-upgrade kemampuan teknologi pembelajaran dengan tetap mewaspadai efek sampingnya. Menstimulasi critical thinking atau kemampuan berpikir kritis mahasiswa serta memperbanyak pembelajaran kontekstual merupakan upaya pendampingan dosen terhadap mahasiswa untuk cermat dalam menggunakan Chat GPT”

Agenda Workshop kali ini membicarakan tentang pemanfaatan Chat GPT bagi dosen maupun mahasiswa, serta impact dari Chat GPT pada kebiasaan belajar mahasiswa dan metode mengajar dosen. Melalui Workshop ini, diharapkan dosen dapat lebih tangkas terhadap teknologi pembelajaran berbasis AI, serta dapat mendampingi mahasiswa untuk bersikap bijak dalam memanfaatkan teknologi sebagai perangkat belajar.