1 Agustus 2024

Program Studi Bahasa dan Sastra Arab secara aktif berpartisipasi dalam symposium Bahasa Arab Internasional yang diadakan oleh IAIN Madura. Acara tersebut berlangsung pada 30-31 Juli 2024, bertepatan dengan The 8th ICONIS: International Conference on Islamic Studies. Symposium ini diadakan dalam rangka konferensi internasional ICONIS yang kelima, dengan menghadirkan tiga pembicara utama yaitu Prof. Bakri Muhammad Bakheit Ahmad dari University of the Holy Quran and Islamic Sciences, Sudan, kemudian Datuk Prof. Dr. Abdelaziz Berghout dari International Islamic University Malaysia, Malaysia, serta Mr. Yan Yuan dari College of International Cultural Exchange, Central China Normal University, China.

Dalam event ini, Program Studi Bahasa Sastra Arab UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung mengirim dua mahasiswa semester 7 yaitu, Devilia Kharisma Putri dan Adinda Aprilia Kharisma Putri. Mereka mempresentasikan materi berjudul “Standard of Arabic Language and its Existence in Advancing Islamic Thought in the Digital Literacy Era” (Standar Bahasa Arab dan Eksistensinya dalam Memajukan Pemikiran Islam di Era Literasi Digital). Keikutsertaan mereka merupakan sebuah kebanggan bagi UIN SATU, terutama bagi program studi BSA. Hal ini juga menjadi pengalaman berharga bagi mahasiswa yang bersangkutan untuk dapat berinteraksi secara langsung dengan akademisi Internasional serta memperluas wawasan seputar studi Islam berkaitan dengan bahasa Arab sebagai bidang yang mereka tekuni.

Partisipasi mahasiswa UIN Tulungagung dalam kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan semangat dan motivasi mereka dalam mengembangkan kemampuan akademik dan menambah pengalaman dalam ajang seminar dan symposium ilmiah di tingkat nasional dan internasional. Dengan demikian, acara ini menjadi salah satu momen berharga yang memperlihatkan dedikasi dan antusiasisme mahasiswa UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dalam dunia akademik, khususnya dalam bidang Bahasa dan Sastra Arab.