Ahad (12/05/2024) Adinda Aprilia Kharisma Putri, Mahasiswi program studi Bahasa dan Sastra Arab berhasil meraih juara 1 lomba Insya’ pada Musabaqah Sanawiyah lil Markaz Arabiyah yang diselenggarakan langsung oleh Markaz Arabiyah. Lomba ini diikuti oleh beberapa peserta dari seluruh kampus yang ada di Indonesia. Tema yang diusung dalam perlombaan ini adalah “Inovasi Pembelajaran Bahasa Arab dalam Peningkatan Prestasi dan Relasi Akademik”

Beberapa Lembaga/PT yang ikut serta dalam lomba ini yaitu: Alkindy PBA UINMA, Bahasa dan Sastra Arab Universitas Islam Negri Kiai Haji Ahmad Siddiq Jember, Bumi Damai Al-Muhibbin Tambakberas Jombang, DALWA, El Jidal UIN Malang, Himla UIN Jakarta, IAIN Kediri, IAIN KUDUS, ICIS UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, ITTAQO UIN Salatiga, LPBA Al-Multzam 2, Ma’had Aly Al Fithrah, Mahad Aly Tebuireng,  Ma’had Sunan Ampel Al Aly,  Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Ulum Banyuanyar (STAI DUBA) Pamekasan, STIABI Riyadhul Ulum, STIBA Arraayah, Tadris Matematika Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, UII, UIN KHAS JEMBER , UIN Maulana Malik Ibrahim Malang ,  UIN Sunan Ampel Surabaya, UIN Sunan Gunung Djati Bandung,  UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA, UNISMA, Universitas Darussalam Gontor,  Universitas Djuanda , Universitas Hasyim Asy’ari, UNIVERSITAS ISLAM MALANG, Universitas Islam Negeri Jakarta, Universitas Islam Zainul Hasan Genggong,  Universitas KH Abdul Wahab Hasbullah Tambakberas Jombang Jawa Timur, Indonesia Universitas Muhammadiyah Surkarta,  Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Medan, Universitas negeri Surabaya, Universitas nurul jaded, Universitas Pendidikan Indonesi

“Awalnya belum percaya diri, karena persiapannya hanya 3 hari untuk menulis esai dan memepersiapkan produk. Selain itu, peserta yang ikut berpartisipasi dalam lomba tersebut lumayan banyak dan berasal dari kampus-kampus ternama. Judul yang saya usung pada lomba Insya’ ini adalah “استفادة مقاطع الفيديو التعليمية العربية “المخرج” في تعليم العربية للدارسين الذين يعانون من عسر القراءة. Alhamdulillah ternyata perjuangan tidak menghianati hasil, setelah begadang 3 hari, dapat kesempatan meraih Juara 1. Bisa memberikan inovasi terbaru untuk pembelajaran bahasa Arab. Bisa membawa nama baik UIN SATU Tulungagung, khususnya prodi Bahasa dan Sastra Arab,” tutur Adinda.

Dorongan dari beberapa pihak, khususnya Koorprodi BSA telah membuka gerbang menuju keberhasilan. Menjadikan sebuah motivasi bagi mahasiswa lainnya agar terus berkarya dan berprestasi. Tiada henti beliau selalu berpesan kepada mahasiswanya untuk selalu berproses di masa muda, karena kelak mereka akan menuai hasilnya.