UIN Satu Tulungagung terus mengukuhkan posisinya sebagai lembaga pendidikan yang progresif dan berkolaborasi dengan memperkuat kerjasama lintas lembaga. Dalam upaya tersebut, Koorprodi (Koordinator Program Studi) Bahasa dan Sastra Arab (BSA) di UIN Satu Tulungagung mengumumkan kerjasama terbarunya dengan Asosiasi Program Studi BSA se-Indonesia.

Pada tanggal 29 – 30 April 2024, perwakilan dari Koorprodi BSA UIN Satu Tulungagung bertemu dengan para pemimpin dan perwakilan dari berbagai program studi BSA di seluruh Indonesia untuk membahas inisiatif kerjasama yang saling menguntungkan. Pertemuan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian dalam bidang bahasa dan sastra Arab di tingkat nasional.

Dr. Nuryani S.Ag, M.Pd.I., selaku Ketua Prodi BSA UIN Satu Tulungagung, menyatakan komitmen mereka untuk mendukung pembentukan jaringan kerjasama yang kokoh antara institusi pendidikan tinggi di Indonesia. Beliau menekankan pentingnya kolaborasi dalam menghadapi berbagai tantangan dan peluang di bidang pendidikan.

Melalui kerjasama ini, diharapkan akan terjadi pertukaran pengetahuan dan pengalaman antarlembaga pendidikan tinggi, pengembangan kurikulum yang lebih relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat, serta peluang kolaborasi dalam penelitian bersama. Langkah ini diharapkan dapat membawa dampak positif bagi pengembangan bidang bahasa dan sastra Arab di Indonesia secara keseluruhan.

Asosiasi Program Studi BSA se-Indonesia juga menyambut baik inisiatif ini dan bersedia untuk bekerja sama dalam rangka memajukan pendidikan dan penelitian di bidang bahasa dan sastra Arab. Dengan kerjasama yang solid antara UIN Satu Tulungagung dan Asosiasi Prodi BSA se-Indonesia, diharapkan akan tercipta sinergi yang positif dalam meningkatkan mutu pendidikan tinggi di Indonesia.

MoU BSA IQLAB