Mahasiswi Program Studi Bahasa dan Sastra Arab Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Rubiah Usman, berhasil meraih juara 1 dalam Lomba Festival Bahasa Arab cabang lomba Qiraatus Syiir yang diadakan oleh UKM ITTAQO’ UIN Salatiga. Kompetisi yang digelar secara semi online dengan dua babak penilaian tersebut mengambil tema “Penanaman Karakteristik Cinta Tanah Air Melalui Penjelajahan Skill Bahasa Arab Sebagai Bahasa Internasional” pada 24 September-05 Oktober 2023.
“Alhamdulillah, Masyaallah banget yah dikasih kesempatan sama Allah SWT untuk bisa berkompetisi dan dapat meraih juara 1, ini bener impian saya ketika masih MABA untuk bisa kasih cinderamata untuk kampus tercinta khususnya prodi BSA sebelum selesai masa kuliah. Sekali lagi terimakasih untuk semua pihak yang telah mendukung dan memotivasi saya untuk bisa sampai di kompetisi ini”, ucapnya.
Terdapat lebih dari 25 peserta dari Universitas Islam yang mengikuti kompetisi tersebut. Rubiah mengaku sangat bersyukur dan bangga bisa mengalahkan peserta dari kampus-kampus ternama lainnya yang mungkin lebih fasih dalam berbahasa Arab. Puisi yang ia bawakan pada perlombaan tersebut ialah “Salamun Alaik” karya Anis Syusan mampu membuatnya lebih unggul dari peserta lainnya.
Ia berharap bahwa ke depannya kompetisi seperti ini bisa diikuti oleh teman-teman seprodi BSA sebagai tahap pembelajaran dalam berbahasa Arab juga sebagai wadah untuk silaturahmi sesama prodi Bahasa Arab.