Kegiatan yang dilaksakan oleh prodi Bahasa dan Sastra Arab yang menggandeng beberapa institusi yaitu, Pusat Studi Timur tengah, Indonesia Center for Middle East Studies, Kementrian Luar Negeri RI, dan STFI Sadra mengadakan kegiatan Seminar Nasional yang dilaksanakan pada hari kamis tanggal 30 Maret 2017 di Aula Gedung K.H. Saifudin Zuhri. Kegiatan ini mengundang beberapa narasumber yang akan membahas terkait isu-isu politik yang ada ditimur tengah. Diantara narasumber yang hadir yaitu: SAFAAT  GHOFUR, M.P.P. (Kementrian Luar Negeri Republik Indonesia), Dr. DINA Y. SULAIMAN, M.Si. (Direktur Indonesia Center for Middle East Studies), dan yang terakhir oleh M. KHOIRUL MALIK, L.c., M.A. (Direktur Pusat Studi Timur Tengah).

Dengan diawali sambutan Rektor Prof. Dr. Maftukhin, M. Ag., beliau sangat mengapresiasi adanya kegiatan ini. “Adanya banyak tragedi permasalahan yang ada di timur tengah, sangat perlu kiranya untuk dikaji, terlebih untuk para mahasiswa fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah” kata Beliau. Maka dari itu Rektor IAIN Tulungagung mengharapkan mahasiswa Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah mampu mengakaji lebih dalam terkait kegiatan isu-isu yang ada di Timur Tengah.

Acara tersebut, dilanjutkan dengan pemaparan para pemateri yang berisi tentang dinamika yang terjadi di kawasan Timur Tengah dengan adanya fenomena-fenomena Arab Spring yang belum mereda. Selain juga membahas tentang isu-isu politik keterikatan antara Indonesia dengan polemik-polemik yang ada di kawasan Timur Tengah. Seperti masalah-masalah kejadian yang ada di Palestina, kejadian Allepo yang Ada di Syiria, dan juga kejadian-kejadian yang ada di negara-negara kawasan Timur Tengah.

Dari kegiatan tersebut para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Banyak sekali para peserta yang bertanya terkait dengan konflik dan isu-isu yang terjadi dikawasan Timur Tengah. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini mampu memberikan tambahan wawasan dan juga mampu meneliti terkait kajian-kajian tentang konflik yang terjadi di kawasan Timur Tengah.